Idul Qurban

Idul qurban identik dengan daging baik kambing mopun sapi. Kemana2 pasti ketemu gulai dan sate, bosen kan?! Gue coba bikin 4 hidangan yang rada beda namun tetap menonjolkan cita rasa rempah, dan ternyata... cepet ludes juga :) Walo tetep ada sate & gulai tapi dengan cara masak serta penyajian yang beda, hasilnya pun sangat menarik. Jauh dari kesan membosankan loh!

**** SATE URAP KELAPA
Salah satu jenis sate sapi dari Madura yang gurih dengan balutan kelapa dan wangi rempah
Bahan:
500 gr daging sapi has dalam
100 gr lemak sapi
1/4 butir kelapa agak muda (ukuran besar), parut memanjang
2 sdm tepung tapioka
Tusuk sate secukupnya
Bumbu halus:
1 sdm ketumbar
5 siung bawang putih
6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
3 cm kunyit
2 sdt garam /secukupnya
1 sdt gula pasir
Saus Kacang:
150 gr kacang tanah, goreng
4 buah cabe merah, hilangkan bijinya, tumis matang
6 siung bawang putih, potong2 & tumis matang
1 sdm petis udang
2 sdm gula merah /secukupnya
1 sdt garam /secukupnya
200 ml air panas /secukupnya
4 sdm minyak sayur
Poyah Kelapa Kuning:
200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
1 siung bawang putih
½ sdt garam
1 cm kunyit
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
Pelengkap:
Irisan tomat
Bawang merah, iris kasar
Cabe rawit, iris kasar
Kecap manis
Irisan jeruk nipis
Poyah kelapa kuning
Cara:
Potong2 daging ukuran single bits. Lemak dipotong dadu kecil.
Aduk daging, lemak, tapioka, kelapa parut & bumbu halus sampe rata. Diamkan 15 menit.
Susun di tusuk sate berseling sambil dikepal2 biar bumbu kelapanya melekat: daging, lemak, daging, lemak, daging.
Panggang diatas bara sambil dibolak-balik sampe matang.
Sajikan segera dengan saus & pelengkap.
Saus:
Blender kacang & smua bahan jadi satu kecuali minyak sayur.
Panasin minyak, tumis campuran kacang sampe lekat, tambahin air panas lagi secukupnya.
Masak terus sampe membentuk adonan yang pekat. Angkat.
Poyah Kelapa Kuning:
Haluskan semua bumbu, aduk dengan kelapa parut sampe rata, tebarkan di loyang lalu jemur sampe setengah kering.
Sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering, matikan api. Diamkan sambil diangin2 sampe adem, simpan di stoples.
Penyajian:
Letakkan di piring kecil: cabe iris & bawang merah iris, beri 2-3 sdm saus kacang dan kecap manis secukupnya, aduk rata. Letakkan beberapa tusuk sate, siram 1 sdm saus kacang lagi diatasnya, taburi poyah kelapa kuning.
Siapkan nasi hangat di piring, taburi poyah kelapa kuning, beri beberapa iris tomat dipinggirnya. Sajikan segera dengan sate.


**** SAMOSA ala LIA
Snack gorengan ala india yang gurih dengan pedas rempah yang menggigit. Sedap disajikan saat minum teh/kopi. Gue bikin dengan resep dasar kulit pastel basah versi Ummi gue, variasi isian samosa disini sangat sedap dan mantap.
Seringkali samosa dibuat dengan isian yang terbuat dari daging mentah cincang, hasilnya jadi berbutir & gampang brantakan pas digigit. Gue pake daging rebus plus bantuan sedikit terigu agar adonan isi bisa lebih kompak dan “sopan” saat dimakan :D
Rempah2nya yang nyengit dan menggigit, cocok disajikan hangat sebagai hidangan pembuka ato sebagai cemilan di musim ujan sambil nonton tipi di sofa yang empuk dengan banyak bantal plus selimut tebel..... :P Sesuaikan takaran merica & cabe bubuk mengikuti selera

Bahan Kulit:
500 gr terigu protein sedang (all purpose flour)
100 gr margarin, lelehkan
1 butir telur
250 ml santan dari ¼ butir kelapa
Garam secukupnya
Cara:
Sangrai tepung sampai cukup panas dan kering, ayak lalu pindahkan ke baskom & buat lubang ditengahnya, diamkan sampe hangat.
Rebus santan sambil diaduk2 biar ngga pecah, angkat & diamkan sampe hangat.
Kocok margarin leleh dan telur sampe rata. Tuang ke lubang ditengah tepung hangat, uleni sambil dituangi santan hangat dikit2 sampe menyatu dan kalis. Diamkan 15 menit.
Adonan kulit siap dibentuk dan diisi

Bahan Isi:
250 gr daging sapi, rebus sampe empuk, tiriskan & suwir2
100 gr cabe ijo, iris tipis
150 gr kentang, bersihkan & iris dadu kecil2, goreng & tiriskan >> bisa diganti kacang polong
150 gr daun pre, iris kasar >> kalo gaada bisa diganti bawang bombay cincang kasar
150 ml kaldu daging
2 sdm terigu sangrai
3 sdm minyak sayur
Bumbu:
2 sdm bumbu gulai basah siap pakai >> gue: tjap bamboe 1 sachet gede
1 sdt bubuk kari
½ sdt merica bubuk
½ sdt cabe bubuk >> bisa ditambah kalo suka pedes, kalo gaada bisa diganti 2 sdt saus cabe
Garam & sedikit gula pasir
Cara:
Panasin minyak, tumis cabe ijo sampe layu.
Tuangi air kaldu, masukin daging suwir, kentang dan semua bumbu. Masak sampe bumbu meresap dan kuah menyusut.
Masukin daun pre, aduk rata. Taburi tepung terigu sangrai, aduk2 sampe rata dan pekat, angkat & sisihka

Penyelesaian:
Bagi adonan kulit dan isi masing2 menjadi 20 bagian ato sesue slera.
Tipiskan satu bagian adonan kulit membentuk lingkaran ato persegi (tipisinnya diantara dua lembar plastik yang dialasi bagian blakang loyang ato talenan).
Beri satu bagian isi, lipat setengah bagian kulit sehingga membentuk setengah lingkaran ato segitiga, rapikan & tekan2 pinggirnya pake garpu.
Kerjakan terus sampe semuanya abis.
Deep fry sampe keemasan (jangan sampe nyoklat), tiriskan.
Sajikan dengan cabe rawit, glekk... nyuaaaammm


**** KAMBING REMPAH GORENG MANIS
Berbahan dasar gulai kambing dengan finishing touch yang cukup lama & unik. Kalo tlaten & sabar pasti puas ngliat hasilnya :):) Bisa juga dibuat dari sisa kari/gulai. Jadi pangling loh kalo brasal dari gulai :D
Bahan:
200 gr left-over gulai/kari kambing (timbang tanpa kuah)
200 ml kuah gulai/kari
2 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt cabe bubuk
2 sdm bawang putih goreng, remas
4 sdm kecap manis
3 sdm bawang merah goreng
3 sdm minyak sayur
Cara:
Panasin gulai/kari kambing bersama kuahnya sampe dagingnya gampang dikoyak dengan garpu, masukin ketumbar, merica & cabe bubuk. Lanjutin masak sampe kuahnya habis dan kering.
Panasin minyak di wajan, masukin semua daging kambing berbumbu. Tumis sambil diaduk-aduksampe daging mulai mengering.
Taburkan bawang putih dan kecap manis, aduk sampe tercampur rata. Matikan api.
Masukin bawang goreng, aduk rata dan segera sajikan dengan nasi panas.

**** SOP KAMBING
Paduan kesegaran sayur, gurihnya kaldu & wanginya rempah. Disajikan saat cuaca dingin, hmmm.... sedap dan segar!
Bahan:
750 gr iga kambing
7 siung bawang putih berkulit, panggang
10 butir bawang merah berkulit, panggang
250 gr wortel, potong-potong
250 gr kentang, potong-potong
garam dan gula secukupnya
2 sdm minyak sayur
2 liter air
2 buah tomat, belah-belah
3 tangkai seledri, ikat
Rempah-rempah:
1 sdt merica bubuk
1 sdt pala bubuk
3 cm jahe, memarkan
6 cm kayumanis
7 butir kapulaga, toasted & crushed
3 butir cengkeh, toasted & crushed
Taburan dan pelengkap:
2 sdm seledri iris halus
1 sdm daun bawang iris halus
2 sdm bawang PUTIH goreng, crushed
irisan jeruk nipis
Sambal
Kecap manis
Emping goreng
Acar mentimun+wortel
Cara :
Didihkan air, masukin iga, seledri, rempah-rempah & garam dikit. Rebus tertutup dengan api kecil sampe empuk.
Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis dengan minyak sayur.
Masukin tumisan ke rebusan iga bersama wortel, kentang, season with garam dan gula.
Setelah matang semua, masukin tomat dan minyak samin/ghee. Didihkan lagi, angkat.
Sajikan dengan taburan seledri, daun bawang, bawang putih goreng dan pelengkapnya.

Labels

Aneka Cake Aneka hidangan laut Aneka Hidangan Seafood Aneka Kue Aneka masakan ayam Aneka masakan daging Aneka Masakan Indonesia Aneka Resep Ayam aneka resep telur Aneka Sate Aneka Soto Aneka Tahu dan Tempe Ayam Ayam/Poultry Bahan Dasar Ayam Bahan Dasar Ikan Bahan Dasar Sapi Beef Bread Bread and Cake Recipe breakfast Brownies Bumbu Cake cake decorating Cakes Camilan Cemilan cepat saji cerita Charaben Chicken Cookies Crustaceans daging/meat dapur deco dan hiasan Dessert Desserts Drink Recipe Eggs entertainment Food Recipes Fruits Heavy Ikan Ikan/Fish Indonesia Indonesian khasiat Kids Kue Kue Basah Kue Kering Kue Kering/Cookies KUE KUKUS Kue/Snacks Kuih Muih lain Makanan Khas Korea Makanan Murah makanan sehat Makanan Tradisional Masakan Masakan buah Masakan Cina Masakan Daging Masakan Indonesia Masakan Jepang masakan lauk Meat Mee Menu Sarapan Pagi Menu Utama Mie Minuman Minuman Segar Miscellaneous Muffins And Cupcakes Mushrooms Nasi Goreng Nasi/Rice Potato Poultry Prawns Quick Cooking Ramadan Recipe Resep resep aneka ayam Resep aneka cake Resep aneka cemilan Resep aneka daging Resep aneka ES resep aneka ikan Resep Aneka Kue Resep aneka Kue basah Resep Aneka Kue Kering Resep aneka mie Resep aneka minuman Resep Aneka Nasi resep aneka puding Resep Aneka rujak Resep Aneka Sambal Resep aneka sayuran Resep aneka seafood Resep Aneka sup resep aneka telur resep aneka tips Resep Ayam Resep Makanan - Cake Resep Makanan - Kue resep masakan cina Resep Masakan Indonesia roti/Bread Sahur Salads Sambal Sapi Sate savoury snack Sayur Sayur/vegetables Sayuran Sea Food Seafood Seafoods Snack Snacks Soto Soup Soups Spicy Squids Step by Step Sup Surabaya Tahu Tahu dan Tempe Tauhu Telur Tempat Makan Tips tips makan Ubi Udang Vegetable Vegetables Wanita
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More